Aksi dan Kontribusi kepada Masyarakat Melalui Bina Desa

      Bina desa merupakan salah satu program kerja dari HMAP Fisip Unand, terkhususnya dari Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) yang mana ini adalah sebuah program kerja baru dan untuk pertama kalinya diadakan oleh HMAP Unand.  Bina desa merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam mendukung upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat  dalam beberapa bidang tertentu dan juga merupakan wadah bagi mahasiswa jurusan Administrasi Publik dalam pengimplementasian bidang keilmuan sosial dan penerapan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

           Bina desa ini diadakan di Kota Padang tepatnya di RT 03 RW 04 Belimbing, Kecamatan Kuranji pada tanggal 26-27 Maret 2022. Dengan panitia yang berjumlah 30 orang, Bina Desa mengangkat tema “Mulailah aksi, Berkontribusi dengan sinergi untuk masyarakat desa”. Terdapat 3 bidang yang menjadi fokus dalam kegiatan tersebut, di antaranya bidang Pendidikan, bidang kesehatan, dan bidang sosial lingkungan. Bidang pendidikan yaitu kegiatan belajar mengajar bagi anak-anak mulai dari tingkat Paud/TK, SD, SMP, dan SMA. Pada bidang ini, seluruh panitia bina desa menjadi pembimbing dan pengarah bagi anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut. Untuk kegiatannya sendiri, anak tingkat PAUD/TK membuat kolase, tingkat SD mempelajari bahasa inggris, serta tingkat SMA melakukan bimbingan seputar perkuliahan dan masuk perguruan tinggi.

           Selanjutnya, bidang kesehatan yang mana pada bidang ini diadakan kegiatan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat yaitu mengenai pengelolaan sampah dan sasaran dari kegiatan sosialisasi ini adalah para masyarakat di desa tersebut. Dan bidang terakhir, yaitu sosial lingkungan disini diadakan kegiatan membersihkan lingkungan dengan gotong royong bersama dan sebelumnya diawali dengan kegiatan senam bersama.

        Selama 2 malam kegiatan bina desa diadakan, untuk hari pertama kami makan bersama dan dilanjutkan dengan nonton bareng film tentang perjuangan seorang anak dalam mengejar mimpi dengan tujuan memotivasi anak-anak setempat agar tidak mudah menyerah dalam meraih mimpi. Malam kedua, diisi dengan kegiatan bercerita mengenai kisah sahabat Nabi dan ditutup dengan penyerahan hadiah kepada anak-anak yang aktif dalam berbagai perlombaan yang diadakan. Perlombaan tersebut mencakup penampilan bakat, review film, membuat kolase terbaik, serta aktif dalam menjawab pertanyaan.

         Pelaksanaan bina desa perdana ini memberikan banyak manfaat, bukan hanya bagi masyarakat dan anak-anak di daerah Belimbing, tetapi juga dirasakan oleh mahasiswa jurusan Administrasi Publik, Universitas Andalas selaku panitia dalam kegiatan tersebut. Manfaat yang diperoleh di antaranya pengetahuan mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, membangun kepercayaan diri anak-anak, meningkatkan skill berkomunikasi, dan menumbuhkan kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat banyak kekurangan, namun diharapkan Bina Desa HMAP akan terus dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya dengan persiapan yang lebih matang.

3 Komentar

  1. I may need your help. I tried many ways but couldn’t solve it, but after reading your article, I think you have a way to help me. I’m looking forward for your reply. Thanks.

  2. Your point of view caught my eye and was very interesting. Thanks. I have a question for you. https://accounts.binance.com/ph/register-person?ref=GJY4VW8W

  3. Your point of view caught my eye and was very interesting. Thanks. I have a question for you. https://www.binance.com/uk-UA/join?ref=DB40ITMB

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *